Game berasal dari kata bahasa inggris yang memiliki arti dasar Permainan. Permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Game juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Dengan kata lain, segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game.
![]() |
| Emile Borel |
Teori permainan mula-mula dikemukakan oleh seorang ahli matematika Prancis yang bernama Emile Borel pada tahun 1921. Kemudian, John Von Neemann dan Oskar Morgenstern mengembangkan lebih lanjut sebagai alat untuk merumuskan perilaku ekonomi yang bersaing.
Emile Borel seorang matematikawan Perancis, dia menerbitkan beberapa makalah pada teori permainan. Dia menggunakan poker sebagai contoh dan membahas strategi untuk menggertak dan menebak- nebak permainan lawannya, Borel membayangkan teori permainan seperti yang digunakan dalam aplikasi ekonomi dan militer. Tujuan utama Borel adalah untuk menentukan apakah suatu strategi "terbaik" untuk permainan tertentu ada dan untuk menemukan strategi itu. Sementara Borel bisa dibilang disebut sebagai matematikawan pertama untuk membayangkan sebuah sistem terorganisir untuk bermain game. Dan kemudian teori permainan ini di kembangkan oleh John Von Neemann dan Oskar Morgenstern.
![]() |
| Oskar.M. & Jhon Von.N. |
Pada tahun 1928 artikelnya, "Teori Permainan Parlor," Von Neumann pertama membahasan teori permainan, dan membuktikan teorema Minimax yang terkenal. Sejak awal, Von Neumann tahu bahwa teori permainan akan terbukti sangat berharga untuk ekonom. Dia bekerja sama dengan Oskar Morgenstern, seorang ekonom Austria di Princeton, untuk mengembangkan teorinya. Buku mereka, Teori Permainan dan Perilaku Ekonomi, merevolusi bidang ekonomi. Meskipun pekerjaan itu sendiri ditujukan semata-mata untuk ekonom, aplikasi untuk psikologi, sosiologi, politik, perang, permainan rekreasi, dan bidang lainnya segera menjadi jelas.
Tahap awal sebelum membuat game adalah terlebih dahulu membuat deskripsi dari game yang akan dibuat. Untuk memudahkan proses pembuatan dan pengembangan sebuah game maka sangat dianjurkan untuk menuliskan deskripsi tersebut dalam sebuah dokumen. Dokumentasi adalah satu hal yang sangat penting dalam pembuatan perangkat lunak, demikian juga dalam pembuatan sebuah game.
Pada tahap awal pembuatan game, yang pertama harus dideskripsikan adalah tentang visi dari game yang akan dibuat. Visi tersebut harus dapat menjawab sejumlah pertanyaan dibawah ini :
- Apa goal / tujuan yang ingin dicapai dari game
- Bagaimana pemain memenuhi goal / tujuan tersebut
- Bagaimana game tersebut harus dimainkan
- Apa aturan yang akan diterapkan sebagai gameplay
Setelah gambaran dari visi game tersebut maka langkah berikutnya adalah membuat game spec. Paling tidak terdapat 5 bagian yang menjadi penjelasan detail dari sebuah game : feature, gameplay,interface,rules dan level design.
Feature
Feature adalah sesuatu yang membuat game yang akan kita buat menjadi berbeda dengan yang lain. Feature akan berpengaruh terhadap aturan game.
Gameplay
Gameplay mendeskripsikan tentang kualitas interaksi antara pemain dengan game.
Interface
Interface adalah gambaran tentang bagaimana pemain dapat memainkan game yang sedang dihadapinya. Interface juga menyangkut bagaimana pemain dapat mengkontrol game yang sedang dijalankannya.
Rules
Feature hanya akan memberikan gambaran tentang sebuah game, namun apa makna dari feature tersebut tergantung dari rules yang diberikan. Rules juga akan memberikan keterkaitan antar objek dalam feature.
Level Design
Level design akan mendeskripsikan tahapan / story dari game
KOMPONEN (RESOURCE GAME) :
-Sprites
Adalah kumpulan gambar- gambar yg digunakan untuk icon, karakter maupun gambar bergerak dalam game,
-Objects
Adalah bagian dari game yang mengontrol sprites bergerak dan berinteraksi satu sama lain,
-Events and Action
Events adalah perintah yg digunakan dalam game sedangkan Actions adalah respon dari sebuah events,
-Backgrounds
Adalah gambar- gambar yg digunakan sebagai gambar latar belakang game,
-Sounds
Adalah suara- suara yang ada dalam game, sounds disini dibedakan mmenjadi dua yaitu musics dan sound effects.
-Status
Adalah sekumpulan informasi yang berguna unutk orang yg memainkan sebuah game untuk mengetahui kondisi permainan saat itu,
Status dalam game meliputi : score, high score, hit point, skill point, strength, vitality, speed, intelligence, luck, status point, time and status, experience.
JENIS GAME :
>Internet game (Anigagan, 2006) adalah sebuah game yg didesain untuk bekerja melalui banyak jaringan- jaringan,
>Mini game adalah sebuah game yang sederhana, tidak membutuhkan banyak waktu,
>Racing game (Istiono, 2008) adalah game yang berjenis balapan,
>Fighting game adalah game yang biasanya ada dua karakter yang bertarung untuk kemenangan atau mencapai sebuah misi,
>Adventure game adalah sebuah game dimana user dapat mengeksplorasi satu tempat atau lebih,
>Shooting game adalah game yang bertipe menembak musuh atau sasaran tertentu,
>Logic game adalah sebuah game yang mengharuskan user untuk berfikir menggunakan logika,


Tidak ada komentar:
Posting Komentar